Linuz

Just Open Source


Ads

Membuat LTSP di Ubuntu

Diskless adalah sistem operasi tanpa hardisk yang dapat kita gunakan sebagai solusi untuk penghematan, apalagi warnet.. Modalnya bakal lebih murah dengan LTSP (Linux Termial Service Program). Nah Paling gampang buatnya mah pake Ubuntu, bisa juga pake distro lain misalnya salckware dan turunannya dll. Tapi klo pake itu aku belum berhasil yang berhasil temenku si qintil. Oke langsung aja.. Ada dua cara untuk membuat server LTSP, cara pertama dengan menggunakan CD installasi ubuntu dan langsung pilih opsi untuk install LTSP, gampang banget.. Cara ini bisa dilakukan klo si server belum terinstall jadi sekalian aja install LTSP.. ubuntu hardy heron udah bisa kok tapi versi alternate. stepnya :

  • Siapkan CD Ubuntu Alternate dan Boot dari CD
  • Pada saat pilihan installasi, tekan F4 untuk opsi tambahan, dan pilih install LTSP Server.
  • Kemudian tunggu hingga instalasi selesai. Pada akhir instalasi bisa dilihat proses pembangunan client.
  • Setelah selesai, reboot dan keluarkan CD instalasi, sistem sudah siap dipakai
  • Coba komputer klien untuk bisa booting dari network. Jika ada pesan DHCP server not found, hidupkan service DHCP Server pada komputer klien dengan perintah:
    /etc/init.d/dhcp3server start
  • Jika ternyata client gagal menampilkan grafik, coba lakukan perintah ini pada komputer server:
    sudo ltsp-build-client
    Sistem akan membuat ltsp-client nya langsung dari internet, Jika anda tidak terkoneksi dengan internet lakukan perintah dengan menggunakan CD instalasi sebagai source pembangunan client:
    sudo ltsp-build-client –mirror file:///cdrom

Cara kedua adalah membuat server LTSP dengan sistem ubuntu yang sudah ada, yang perlu kita lakukan adalah mengistall program ltsp nya dari repository

sudo apt-get install ltsp-server-standalone openssh-server

Setelah terinstall, kita tinggal membuat sistem LTSP nya sama seperti diatas klo seandainya tidak terkoneksi denganinternet, bisa gunakan cdrom untuk membuat image LTSPnya

sudo ltsp-build-client

Semoga Bermanfaat…!!!

Post Metadata

Date
June 1st, 2010

Author
vmlinuz

Category

Tags

5 to “Membuat LTSP di Ubuntu”


  1. avatar
    Rijal says:

    pada awal artikel, ada menyebutkan dapat melakukan penghematan pada pembangunan warnet. Dimana penghematan yg dimaksud dan dapat dilakukan? Makasih. ;)

    • avatar
      admin says:

      Maksud dari penghematan pada pembangunan warnet tersebut yaitu anda hanya butuh cpu tanpa hardisk untuk komputer client-nya karena media hardisknya sudah ada di server. maka dapat mengurangi budget kita yang pas-pas-an…. :lol: :lol: :lol:

  2. avatar
    Steph says:

    Bagaimana jika server yang memberikan DHCP terpisah tidak jadi satu dengan server / komputer yang terinstall LTSP ? terimakasih

    • avatar
      vmlinuz says:

      Tergantung class dari IP Servernya mas, misalkan IP Server 10.10.0.100 dan DHCP Servernya harus mengikuti class tersebut (10.10.0.1/24) di luar dari itu sepertinya tidak bisa mas.

  3. avatar
    angel says:

    mw bertanya…
    klo mis nya pas build client gagal karena inetnya putus..
    gmn perintah bt remove folder ltsp nya y…?
    tq



Leave a Reply

*